Thursday, March 21, 2013

Aplikasi Scanner Barcode

Ujian Nasional atau sering disingkat UN, mungkin menjadi momok yang menakutkan bagi pelajar yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, bertahun-tahun mereka sekolah tetapi keberhasilan siswa hanya ditentukan oleh mata pelajaran yang diikutsertakan dalam Ujian Nasional. Proses pembelajaran yang selama bertahun-tahun diikuti seakan-akan bergantung pada beberapa hari Ujian Nasional.
Mata pelajaran yang tidak di Ujian Nasional kan, bahkan dianggap pelajaran nomor dua oleh pelajar dan juga guru, ini bisa dilihat dari banyaknya jam tambahan hanya membahas pelajaran yang di Ujian Nasional kan. Sementara pelajaran yang lain terbengkalai bahkan beberapa sekolah menggunakan jam pelajaran yang tidak masuk UN digunakan untuk bimbingan belajar mata pelajaran yang di Ujian Nasional kan.
Kalau tahun sebelumnya soal Ujian Nasional hanya terdiri dari 5 paket soal dalam satu ruangan, sekarang terdiri dari 20 paket soal yang berbeda dalam satu ruangan. Pembuatan soal sebanyak 20 paket ini tidak lain untuk mempersulit penyimpangan yang dilakukan oleh pelajar atau pihak sekolah.
Pada tahun 2013 ini Ujian Nasional akan berbeda lagi dengan tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya soal Ujian Nasional menggunakan kode angka seperti 12, 45 dan dua kode lainnya, sekarang tidak ada lagi kode angka seperti itu, tetapi diganti dengan menggunakan teknologi barcode. Barcode ini ditempatkan di lembar jawaban komputer dan soal Ujian Nasional.
Barcode yang ada di soal Ujian Nasional akan sama dengan Lembar Jawaban Komputer yang akan diisi oleh pelajar sehingga tidak bisa ditukar dengan pelajar yang lain. Lembar Jawaban Komputer dan Soal menyatu dan baru dipisahkan oleh pengawas ruang Ujian Nasional pada saat dilakukan Ujian Nasional berlangsung.
Dengan teknologi ini diharapkan tidak ada lagi kecurangan yang dilakukan oleh pelajar atau oknum tertentu yang digunakan untuk kepentingan individu. Dengan penggunakan barcode semakin sulit untuk membaca secara kasat mata kode tersebut karena hanya berupa garis-garis tipis dan tebal yang hanya bisa dibaca oleh barcode reader seperti yang ada di mini market atau pusat perbelanjaan yang ada di sekitar kita.
Tapi teknologi ini bisa dimanfaatkan oleh kita untuk belajar tentang teknologi terutama teknologi barcode. Teknologi barcode yang ada pada soal Ujian Nasional dan soal Ujian Nasional membuat saya akhirnya tertarik untuk belajar dan mencari aplikasi pembaca barcode untuk perangkat Android. Banyaknya aplikasi pembaca barcode membuat anda semakin bingung memilih aplikasi yang mana yang sesuai. Berdasarkan pengalaman saya saya lebih memilih aplikasi Barcode Scanner untuk digunakan sebagai aplikasi pembaca barcode.
 Berikut langkah-langkah menggunakan barcode scanner di perangkat Android :
  1. Download Barcode Scanner di Google Play disini.
  2. Instal aplikasi tersebut di perangkat Android anda.
  3. Buka Barcode Scanner lalu scan ke kode yang akan dibaca
  4. Tidak berapa lama hasilnya akan muncul di layar perangkat Android anda.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Newer Post Older Post Home

1 comments:

nice info, thanks sangat membantu

Post a Comment

Share With

Twitter Google Plus Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Total Pengunjung Minggu Ini