Wednesday, March 20, 2013

Janji siswa yang pertama: Taqwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Abdi terhadap Tanah Air dan Bangsa Setia kepada Pancasila dan Undang-undang dasar 1945 Implementasi janji siswa yang pertama guna menepis Arus negatif Globalisasi


Janji siswa yang ketiga: Taqwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Abdi terhadap Tanah Air dan Bangsa Setia kepada Pancasila dan Undang-undang dasar 1945
            Implementasi janji siswa yang ketiga guna menepis Arus negatif Globalisasi

            Di era globalisasi ini, begitu banyak pengaruh-pengaruh yang setiap saat bisa merong-rong sendi –sendi kehidupan manusia salah satunya keimanan. Begitu mudah dan dan kuatnya arus informasi menyebabkan keimanan setiap siswa mudah goyah. Pengaruh globalisasi kian tampak nyata hal ini terbukti dari adanya perubahan pola prilaku seperti rendahnya spritualitas, penerapan norma serta rendahnya nilai sopan santun. Para siswa cenderung labil dalam menghadapi setiap budaya yang masuk sehingga mudah sekali terjerumus ke lembah hitam. Hal ini cukup ironis memang mengingat peran dari para generasi muda khususnya siswa sangat vital kedepannya, jika hal ini terus berlanjut maka bisa mengakibatkan lunturnya budaya lokal yang berujung kepada lunturnya semangat nasionalisme.
            Selain masalah keimanan dan ketaqwaan masalah yang di hadapi para generasi muda khususnya pelajar adalah rendahnya jiwa nasionalisme(cinta terhadap tanah air) sebab pada dasarnya Mencintai adalah kunci dari segala hal. Tetapi ‘cinta’ yang satu ini bukan sebagaimana cinta yang semestinya menjadi tema yang disukai remaja pada umumnya. Namun, mengerucut pada nasionalisme yang didasari oleh rasa cinta terhadap negaranya. Hanya saja rasa cinta yang rendah jelas akan berdampak pada ketidak abdiannya terhadap bangsa dan lebih bersikap acuh atau apatis.
            Hal yang tak kalah menghawatirkan juga muncul yang di sebabkan oleh nilai-nilai yang tertuang dalam butir-butir pancasila kurang mendapat perhatian dari generasi muda padahal setiap butir-butir pancasila banyak tertuang nilai-nilai luhur dari bangsa Indonesia ini. Seandainya hal ini terus berlanjut bukan mustahil kedepannya kita akan kehilangan jati diri. Sebab kita tidak mempunyai pegangan dan pedoman hidup. Yang berujung kepaada ke eksistensian bangsa bisa goyah.
Untuk menanggulangi hal tersebut di perlukan dukungan dari berbagai pihak, untuk menanggulangi Lunturnya keimanann dan ketaqwaan serta nasionalisme. Peran nyata dari semua pihak memang sangat di perlukan di mulai dari lingkungan keluarga yang merupakan lembaga social yang terkecil. Pihak keluarga paling berperan dalam membentuk kepribadian sebab pihak keluarga adalah lembaga social yang pertama. Selain dari pihak keluarga diperlukan juga dukungan dari lembaga pendidikan sebab lewat lembaga pendidikanlah kepribadianm generasi muda khususnya pelajar akan di gembleng kepribadiannya guna menghadapi setiap tantangan hidup. Dan yang terakhir dukungan dari masyarakat, masyarakat adalah lembaga sosialisai yang ketiga yang akan ditempuh oleh generasi muda khususnya pelajar. Di lingkunan masyarakatlah nantinya yang akan paling mempengaruhi kepribadian seseorang maka dari itu peranan dari tokoh masyarakat atau lembaga masyarakat diperlukan guna memberikan arahan, bimbingan dan rangsangan agar mau bertindak sesuai dengan norma yang berlaku.
Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk menggulangi serbuan arus infornasi di perlukan keimanan dan ketaqwaan dari masing-masing individu agar tidak terjerumus ke lembah hitam sebab seseorang yang beriman pasti tidak mudah goyah pendiriannya. Selain itu untuk menangulangi pengaruh globalisasi di perlukan juga adanya pendidikan karakter bangsa melalui implementasian butir-butir sila-sila pancasila sebab di dalam butir-butir pancasila terkandung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia agar tidak kehilangan jati diri. Selain itu di perlukan juga dukungan dari berbagai pihak untuk menepis serbuan arus globalisasi, seperti keluarga, sekolah serta masyarakat.

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment

Share With

Twitter Google Plus Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Total Pengunjung Minggu Ini