Thursday, March 21, 2013

Ayam Tetaskan Telur Raksasa, apa isinya?

VIVAnews - Seekor ayam di sebuah desa kecil di Provinsi Guizhou, China, dilaporkan telah menelurkan sebuah telur raksasa dengan berat sekitar 2,5 ons. Kehadiran telur ini sempat membuat geger warga setempat, bertanya-tanya apa isi di dalam telur berukuran besar itu?

Aneh tapi nyata. Di dalam telur itu terdapat ada dua kuning telur dan sebutir telur lagi berukuran normal.

Kejadian ayam yang bertelur raksasa ini bukanlah kali pertama terjadi di desa kecil itu. Sekitar tiga minggu lalu, ada sekitar lima telur yang memiliki ukuran besar.

"Sudah lebih dari 80 tahun saya memelihara ayam. Tapi, baru kali ini melihat telur ayam yang di dalamnya ada telur lagi," kata Yang, pemilik ayam, dilansir The Christian Science Monitor, 20 Maret 2013.

Dia mengatakan, fenomena ayam yang bertelur raksasa ini mungkin disebabkan oleh diet makan beras pada ayam. "Beberapa bulan ini ayam lebih memilih makan jagung dari pada beras," ujarnya.

Bagaimana fenomena telur di dalam telur terjadi?

Dari video yang dilansir New Tang Dynasty Television, menunjukkan bisa saja itu tipuan, karena feonemena telur di dalam telur baru pertama kali didengar di dunia.

Sementara menurut Majalah News Scientist, bisa saja kontraksi abnormal telah mendorong telur itu kembali lagi ke saluran telur dan ovarium, di mana tempat itu sudah dikelilingi oleh telur-telur lainnya.

Seorang kurator telur dari British Natural History Museum mengatakan, fenomena ini adalah suatu kejadian yang sangat jarang terjadi. "Jika Anda melihat sebuah telur yang di dalamnya ada telur lagi, mungkin Anda yang pertama kali melihatnya," katanya.

Apakah ini telur ayam terbesar?

Pada tahun 2011, Guinness Book of World Records pernah mencatat telur ayam terbesar berasal dari Yell County, di Arkansas, Amerika Serikat. Telur ayam itu memiliki berat 5,4 ons dan pajang 3,5 inci.

Setahun kemudian torehan itu dikalahkan telur ayam yang berasal dari Kolombia, yang memiliki berat 8,6 ons. Lebih besar dari telur yang berasal dari Cina.

Jadi, boleh disimpulkan, telur ayam unik yang baru saja ditemukan ini bukanlah yang terbesar di dunia. (eh)

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment

Share With

Twitter Google Plus Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Total Pengunjung Minggu Ini