Thursday, March 28, 2013

Janji Siswa yang Ke Tiga: Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bekal masa depan bangsa



            Raih Prestasi Cerminan Implementasi Janji Siswa Yang Ketiga


Jika kalian belajar yang sungguh-sungguh, maka kalian akan menghambat rasa malas yang menghambat kalian untuk untuk bertindak Jika kalian belajar dengan sungguh-sungguh maka kalian akan mengatasi rintangan, maslah, kesulitan dan halangan yang kalian hadapi, tidak berhenti berfikir dan terus kreatif, selalu mencoba dan mencoba lagi meskipun gagal, demi menemukan tujuan dan hasil yang tepat Jika kalian belajar yang sungguh-sungguh maka kalian akan melengkapi apa yang menjadi kekurangan dan kesulitan yang menjadi tujuan
Jika kalian belajar dengan sungguh-sungguh maka kalian akan belajar dan belajar lagi jika belum melakukan sesuatu untuk meraih sukses dan prestasi Jika kalian belajar dengan sungguh-sungguh, kalian tidak akan kalah dengan kesulitan dan memberikan alasan, justru kalian akan berusaha mengatasinya dan meraih apa yang di harapkan.  
Dalam wikipedia.org di kutip Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Di sisi lain pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik.
Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar.
Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan belajar dengan sungguh-sungguh selain dapat memacu kreatifitas juga dapat memacu munculnya prestasi, sebab tanpa belajar dengan sungguh-sungguh mustahil rasanya seseorang bisa meraih prestasi. Pembelajaran juga berarti bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Di sisi lain pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda.

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment

Share With

Twitter Google Plus Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Total Pengunjung Hari ini